Mencetak Spanduk yang Benar dan tidak Buram? Simak Informasi Selengkapnya!

Cara Mencetak Spanduk Yang Benar dan Tidak Blur atau Pecah?
Ikutin Trik-trik selengkapnya. 

Media promosi yang memiliki ukuran yang cukup besar dan dipajang di jalan raya dan tempat-tempat usaha merupakan salah satu pengertian dari spanduk sebagai bahan promosi. Fungsi dari spanduk yaitu memberikan informasi kepada masyarakat yang di pasang di jalan raya sebagai tempat spanduk dipajang dan dipasang. Ukuran spanduk memiliki berbagai ukuran yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan iklan dn informasi yang hendak anda sampaikan. 


Proses cetak spanduk yang mempunyai ukuran besar pastinya berbeda dengan cetak print degnan ukuran kertas kecil seperti ukuran A3+, A4 ataupun lainnya. Untuk menghindari kesalahan dalam proses cetak spanduk, oleh karena itu kami memberikan beberapa trik dan cara tersendiri untuk mencetak spanduk supaya hasilnya bagus dan tidak pecah. 

Penyebab Cetak Spanduk hasilnya Pecah. 

Memang terdengar sepele, dalam proses setting dan menyimpan file desain spanduk yang ingin Anda cetak harus disesuaikan supaya tidak menimbulkan kerugian. Tidak mau kan selesai mencetak spanduk ternyata hasil pecah dan tidak bagus?

Sebagai contoh saat Anda mencetak spanduk ukuran 5 x 2 meter sebanyak 10 buah. Saat Anda malas mendesainnya atau tidak tahu cara desainnya, maka Anda hanya mencaplok atau mengambil gambar di inernet kemudian mengeditnya dengan hanya menggunakan aplikasi yang salah seperti microsoft office seperti word ataupun power point. Tempat percetakan yang tidak mau ribet akan langsung mencetak spanduk yang telah Anda berikan filenya tadi, tanpa cek in ricek atau memeriksa dan mengkonfirmasi hasil gambar spanduk yang diterima. Dan sudah tentu hasilnya buram, jelek dan tidak sebagus yang Anda bayangkan. 

Bagi yang tidak mengerti akan desain, maka biasaya kesalahan ini terjadi karena ukuran filenya sangat terlalu kecil dengan resolusi yang kecil juga. Dan yang kedua, disebabkan karena gambarnya diambil dari internet tanpa editing sebelumnya, dan ketiga file yang dikirimkan lewat via whatshapp dan bisa jadi gambar juga hasil dari screenshot pula. 

Adapun bagi yang mengerti desain file yang dikirim terlau besar dengan resolusi besar sampai 600 DPI. File datanya bagus tetapi akan membuat komputer menjadi error dan lelet. 

Apa Cara Mencetak Spanduk agar tidak Buram dan Pecah?

Dalam proses membuat spanduk yang bagus dan benar, Anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut atau aturan dan prosedur yang sudah disesuaikan dan ditetapkan oleh standar percetakan. Beberapa tip dan cara yang harus dipersiapkan adalah : 

1. Memakai Resolusi Standar

Dalam proses mencetak spanduk, Anda dapat menggunakan resolusi standar yaitu 200 hingga 300 DPI. Adapun tujuannya supaya spanduk ketika dicetak dalam bentuk yang besar, maka hasil kualitasnya tetap tajam dan bagus ketika dicetak. Dan selain itu juga ketika Anda menggunakan gambar spanduk, pastikan gambar tersebut tidak blur. Adapaun caranya adalah lakukan zoom gambar sampai 200%. 

2. Mengatur Skala Ukuran 

Agar supaya untuk dapat menghindari file yang berukuran besar, Anda bisa mengatur skala ukuran, Ganti ukuran file yang ada di photoshop atau corel menjadi ukuran yang proporsional. Contoh, jika Anda ingin mencetak spanduk ukruan 5 x 2 meter, maka Anda dapat mengganti ukuran file di sofware desainnya menajdi 2.5 meter x 1 meter atau 1.25 meter x 50 cm

3. Mengunakan Mode desain CMYK

Dalam proses desain gunakanlah mode CMYK agar membuat hasil cetak spanduk tidak buram, blur dan pecah. Selain itupun, desain RGB membuat tampilan warna pada hasil cetak butek. Maka hal itu mengingat karena printer yang digunakan mencetak spanduk default adalah CMYK.

4. File Berbentuk PDF

Mengapa tidak menggunakan file JPEG atau TIFF? Karena bentuk PDF akan membuat desain yang telah Anda buat akan tetap sama dan tidak mengurai kualitas spanduk ketika dicetak.Dan juga ketika file dikirim lewat aplikasi whatsapp tetap sama dan tidak pecah dan buram. 

Inilah beberapa cara untuk mencetak spanduk agar supaya tidak buram dan pecah. Untuk informasi lebih lanjut yang terkait untuk jasa cetak spanduk di tempat kami yaitu Nada Raja Printing (NRJ Printing Jakarta) silahkan hubungi kami di bawah ini :
 
Percetakan Nada RaJa Printing (NRJ Printing)
Alamat         : Jl. Waru No. 26 C Rawamangun Jakarta Timur
HP/WA          : 081381381561 



wa